Sabtu, 26 Mei 2012

ICT Broadband Pembangkit Ekonomi & Membangun Jiwa dan Potensi Kewirausahaan



Telekomunikasi kini bergeser menjadi salah satu kebutuhan  primeer. Peranannya dalam pembangunan peradban umat manusia tidak bisa diabaikan. Bahkan kualitaas suatu bangsa dapat diukur melalui tingkat kemajuan telekomunikasi bangsa tersebut. Kemajuan dari bida ng Telekomunikasi didukung oleh banyak factor, diantaranya ada kemajuan yang sangat pesat dibidang ICT.
ICT yang merupakan kependekan dari Information and Communication Technologies yang dalam bahasa Indonesia adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). ICT merupakan wadah dari serangkaian terminology yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses sampai menyampaikan informasi. Teknologi Informasi adalah segala sesuatu yang meliputi semua proses dalam pengunaan alat bantu, dan penggunaan informasi. Sedangkan Teknologi Telekomunikasi adalah segala sesuatu yang  berkaitan dengan proses pengiriman informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. ICT dalam arti luas adalah serangkaian proses manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah ini muncul pada Abad ke-20 yaitu pada saat muncul perpaduan antara teknologi computer dengan teknologi kumunikasi.
Jaringan Broadband adalah jaringan yang memiliki bandwith yang lebar sehingga memiliki kulaitas yang tinggi. Dengan memanfaatkan teknologi broadband kita dapat mengakses suatu informasi akan lebih cepat, bahkan tidak hanya informasi, tetapi semua fasilitas yang jika penerapannya dilalakukan secara digital dan terhubung maka kebutuhan kita akan lebih cepat kita peroleh, dengan memanfaatkan teknologi broadband sebagai media akses penghubung antara user atau pengguna dengan kebutuhan akan layanan yang diinginkannya.

ICT Broadband sebagai Pembangkit Ekonomi
Pengalaman di berbagai negara membuktikan Information and Communication Technology (ICT) telah memainkan  peranan yang penting, baik sebagai sektor produksi-ICT maupun sektor pengguna-ICT. Kebijakan ekonomi setiap negara juga telah mengalami pergeseran paradigma dari semula mengandalkan pada sumber daya alam, kini bergeser pada ekonomi baru atau lazim disebut dengan information economy, dan menentukan keunggulan suatu negara dalam berkompetisi di arena global. Bila peran penting ICT dikaitkan dengan upaya menjadikannya tulang punggung untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, maka peningkatan perekonomian seperti halnya di Indonesia melalui pemanfaatan ICT tidak akan maju dengan cepat bila tidak didukung oleh seluruh stakeholder terkait yaitu Pemerintah, Dunia Usaha, Masyarakat.
Dengan memanfaatkan teknologi broadband yang dapat menjamin sampainya informasi atau data yang kita inginkan dengan sangat cepat, maka dapat membentuk suatu aplikasi atau layanan baru yang tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapanga pekerjaan. Beberapa layanan broadband yang dapat dimanfaatkan adalah :
1.      Video on Demand
2.      Game Online
3.      IP TV
4.      E-commerce
5.      Cloud Computing
Bahkan secara lebih mendalam atau perkembangan yang lebih luas, kita dapat memanfaatkan teknologi broadband ini sebagai perantara pemesanan barang, bekerja jarak jauh, dan belajar jarak jauh. Dalam perkembangannya diharapkan dapat melahirkan kemudahan dalam berirentaksi antara penjual dan pembeli dengan mudah walapupun tidak langsung bertemu, hal ini juga memungkinkan melakukan diskusi atau melaksanakan rapat di tempat yang berbedadengan memanfaatkan video dan akses yang sangat cepat, semua ini merupakan teknologi yang sangat mungkin untuk diterapkan.
Salah satu yang menjadi perhatian utama adalah e-commerce yaitu satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melaui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Dibeberapa Negara menunjukkan kecepatan perkembangan teknologi akan memberikan konstribusi yang kuat pada perkembangan ekonomi sehingga menghasilkan pendapat nasional yang tinggi tentunya hal ini juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Membangun Jiwa dan Potensi Kewirausahaan
Dalam hal upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi selain dalam bidang ICT juga harus menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang akan menghasilkan potensi potensi baru kewirausahaan yang ada di Indonesia ini untuk langkah terbaik bergerak menjadi Negara maju.
Tentunya hal ini akan sangat baik jika dapat berjalan dalam bidang ICT karena pendapatan yang dihasilkan dari bidang ICT merupakan pendapatan yang paling besar dibandingkan dengan jenis kewirausahaan yang lain, tetapi bidang ICT juga membutuhkan biaya yang paling besar khusunya pada hardware atau infrastruktur yang akan membangung jaringan broadband yang tangguh.
Setiap Negara yang ingin maju dibidang ekonomi setidaknya memiliki sebanyak 2% pengusaha dari jumlah semua penduduknya, seperti halnya  pada Malaysia memiliki 2% pengusaha, Singapura 7%, dan Amerika Serikat memliki pengusaha sebanyak 11%, sedangkan Indonesia hanya memiliki 0,18% pengusaha. Untuk memperbaiki kualitas ekonomi Negara ini kita harus memiliki 4% pengusaha dari jumlah penduduk yang ada. Jumlah ini bukanlah suatu yang banyak jika setiap kita memiliki jiwa kewirausahaan, dan menyadari bahwa keuntungan menjadi pengusahan akan lebih banyak jika dibandinkan hanya menjadi sekedar pegawai di pemerintahan atau swasta.
Hal yang menjadi pusat perhatian dalam membangun jiwa keiwarausahaan adalah pada mahasiswa, karena mahasiswa sebagai generasi penerus harus dapat merubah pradigma yang ada mengenai nikmatnya menjadi pekerja yang selama ini telah berkembang, namun hal ini merupakan kesalahan jika dilihat dari keuntungan yang dapat diperoleh jika menjadi seorang pengusaha.
Hal yang menjadi syarat dalam menjadi wirausaha adalah sabar, kemauan yang tinggi, komitmen. Strategi yang dapat digunakan dalam menjadi wirausaha adalah strategi futsal yaitu :
·         Kuasai Lapangan
Pahami keadaan tempat usaha yang akan dibuka
·         Pahami Lawan
Sebagai pengusaha tentu memiliki pesaing bisnis, untuk itu kita harus memahami keuatan dari pesaing – pesaing bisnis agar usaha tetap berjalan. Dengan memahami pesaing kita juga dapat memberikan penawaran yang baik kepada calon konsumen agar usaha yang kita lakukan dapat diterima dengan baik.
·         Bentuk Tim yang Solid
Dalam setiap usaha yang dijalankan pasti membutuhkan tim yang solid untuk membangun usaha yang sedang dibuat, baik dari bagian yang paling rendah sampai yang paling tinggi
·         Strategi Permainan
Kita harus menyiapkan dan menyiasati setiap peluang yang ada dengan sedemikian rupa demi menjamin berlangsungnya usaha yang sedang dibangun dan membangkitkan serta memajukan usaha

Referensi
1.   Materi Stadium General dari Dr Asep Suryana Natawirya, Dr Ridzwan Bakar, Herri    Kusaery
2.   http://yana.staf.upi.edu/2012/04/11/ict-dalam-bebagai-bidang/
3.      http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi
4.      http://ronny-ekonomi.blogspot.com/
  

0 komentar:

Posting Komentar