Perkembangan Teknologi Telekomunikasi

Kovergensi adalah bersatunya layanan telekomunikasi, teknologi informasi, dan penyiaran yang merupakan kegiatan penyediaan jasa dan melalu media transimisi yang sama

DECT Standart Cipher

DECT merupakan singkatan dari Digital European Cordless Telecommunications yaitu standard komunikasi digital yang umumnya digunakan untuk menciptakan system telepon tanpa kabel. DECT Standar Cipher adalah enkripsi standar, digunakan dalam ponsel untuk

Global Positioning System

GPS adalah system untuk menentukan posisi dipermukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Global Positioning System merupakan sistem koordinat global yang

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Kamis, 17 Mei 2012

Perkembangan Teknologi Telekomunikasi dan Peran Konvergensi di Bidang Pendidikan


Perkembangan Teknologi Telekomunikasi dan ICT Dalam Era Konvergensi di Bidang Pendidikan

Telekomunikasi kini bergeser menjadi salah satu kebutuhan  primeer. Peranannya dalam pembangunan peradban umat manusia tidak bisa diabaikan. Bahkan kualitaas suatu bangsa dapat diukur melalui tingkat kemajuan telekomunikasi bangsa tersebut. Kemajuan dari bida ng Telekomunikasi didukung oleh banyak factor, diantaranya ada kemajuan yang sangat pesat dibidang ICT.
ICT yang merupakan kependekan dari Information and Communication Technologies yang dalam bahasa Indonesia adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). ICT merupakan wadah dari serangkaian terminology yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses sampai menyampaikan informasi. Teknologi Informasi adalah segala sesuatu yang meliputi semua proses dalam pengunaan alat bantu, dan penggunaan informasi. Sedangkan Teknologi Telekomunikasi adalah segala sesuatu yang  berkaitan dengan proses pengiriman informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. ICT dalam arti luas adalah serangkaian proses manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah ini muncul pada Abad ke-20 yaitu pada saat muncul perpaduan antara teknologi computer dengan teknologi kumunikasi.
Kovergensi adalah bersatunya layanan telekomunikasi, teknologi informasi, dan penyiaran yang merupakan kegiatan penyediaan jasa dan melalu media transimisi yang sama. Ciri – ciri jaringan yang sudah konvergen :
1.      Jaringan berbasis IP atau packet switching network
2.      Jaringan terbuka sehingga setiap orang dapat  lebih cepat dalam mengaksesnya kapan dan dimana saja
3.      Jaringan Broadband, yaitu jaringan yang memiliki bandwith yang lebar sehingga memiliki kualitas yang tinggi
Pembagian Industri ICT
1.      Manufacturing Telecommunications and ICT Equipment
Industri yang bergerak dibidang pembuatan Perlengkapan Telekomunikasi dan ICT baik dalam bentuk Hardware maupun Software. Perusahan besar yang bergerak di bidang ini contohnya, Alcatel, AT&T, Samsung, dll.
2.      Telecommunications Service Provision
Industri yang bergerak di bidang penyaluran dan pembangunan infrastruktur untuk mewujudkan perkembangan dunia ICT. Pada bidang ini pelaku industry harus terus dapat memberikan ide – ide kreativitasnya dan inovasi – inovasi yang tiada hentinya. Karena perkembangan yang sangat cepat, sering sekali banyak inovasi yang masi hangat dalam pembicaraan sudah memiliki pengganti yang sudah berada diatasnya. Untuk itulah para dunia Industri dituntut inovasi – inovasi dan ide – ide kreativitasnya.
3.      Content Industry and Provider
Industri yang bergerak dibidang memberikan pelayanan dan content dari ICt itu sendiri. Yang  isinya sangat tidak terbatas.

Perkembangan Dunia Telekomunikasi


Pemanfaatan perkembangan ICT dalam dunia Pendidikan
 Seiring berkembangaya dunia ICT yang di dorong oleh perkembangan dari setiap hardware dan aplikasi pendukung untuk menciptakannya maka ICT pun terus berkembang tanpa bisa dihentikan. Perkembangan ICT ini pun banyak berdampak dikehidupan sehari – hari baik dari sector pendidikan, teknologi, yang bisa saling membangun  untuk menciptakan sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan.
Dengan perkembangan dunia ICT yang memudahkan kita dalam pengelolaan informasi dan pendistribusian informasi dengan pemanfaatan jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang yang dapat dimanfaatkan diberbagai bidang kehidupan manusia, salah satunya adalah bidang pendidikan. Melalui ICT juga kita dapat merubah tampilan dunia belajar yang identik dengan membosankan dan serangkaian proses yang ribet kini telah berubah menjadi sangat  menarik dengan adanya simulasi untuk persoalan – persoalan yang ribet tadi melaui animasi. Berangkat dari situlah maka banyak bermunculan jargon – jargon baru, seperti e-learning, e-book, e-library, e-laboratory, e-education. Awalan e pada setiap jargon tadi bermakana electronics yang secara tidak langsung dimaknai berdasarkan teknologi elektronika digital.
1.      e-book
e-book adalah suatu teknologi pemanfaatan computer yang mengintegrasikan multimedia sebagai ajang bahan pembelajaran. Dengan sifatnya yang mencakup multimedia maka e-book dapat mengcover untuk menayangkan informasi dalam bentuk, suara, animasi, video, grafik, gambar, maupun movie.
2.      e-learning
e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan pendistribusian informasi (SEAMOLEC). Dan telah disepakati bahwa yang dimaksud dengan e-learning adalah melalui akses internet yang minimal melalui sebuah website yang dimanfaatkan untuk menyajikan materi – materi pembelajaran. e-learning juga telah memiliki dua konsep yang sedang diterpakan di dunia pendidikan yaitu konsep Generasi I dan konsep Generasi II. Perbedaan mencolok yang tampak pada kedua konsep ini adalah pada konsep Generasi I pembelajaran jarak jauh melalui akses internet, sedangkan pada konsep Generasi II pembelajaran jarak jauh melalui ICT (Satelite, HFC, WiMax) dan pada konsep Generasi II lebih memiliki banyak infrastruktur yang tentunya akan sangat membantu jika dimiliki. Pemilihan konsep ini tergantung pada kondisi area pendidikan si pengguna konsep.
Secara Singkat dalam diambil kesimpulan dalam menerapkan ICT dalam dunia pendidikan, memiliki beberapa konten utama yaitu :
·         Infrastruktur    
Ø  PC + LAN dengan akses Internet
·         Aplikasi           
Ø  Sistem Informasi Kegiatan Akademis
Ø  SIM Sekolah / Kampus
Ø  SIMDIKNAS
Ø  Perpustakaan Digital
·         Content
Ø  Bahan Ajar
Ø  Bank Soal

Tahapan – Tahapan Sistem Pendidikan yang Mengadopsi ICT
UNESCO telah mengidentifikasi  4 (empat) tahap dalam sistem pendidikan yang mengadopsi ICT atau TIK, yaitu :
1.      Tahap emerging; yaitu perguruan tinggi/sekolah berada pada tahap awal. Pendidik dan tenaga kependidikan mulai menyadari, memilih/membeli, atau menerima donasi untuk pengadaan sarana dan prasarana (supporting work performance)
2.      Tahap applying; yaitu perguruan tinggi/sekolah memiliki pemahaman baru akan kontribusi TIK. Pendidik dan tenaga kependidikanu menggunakan TIK dalam manajemen sekolah dan kurikulum (enhancing traditional teaching)
3.      Tahap infusing; yaitu melibatkan kurikulum dengan mengintegrasikan TIK. Perguruan tinggi/sekolah mengembangkan teknologi berbasis komputer dalam lab, kelas, dan administrasi. Pendidik dan tenaga kependidikan mengekplorasi melalui pemahaman baru, dimana TIK mengubah produktivitas professional (facilitating learning).
4.      Tahap Transforming; yaitu perguruan tinggi/sekolah telah memanfatkan TIK dalam seluruh organisasi. Pendidik dan tenaga kependidikan menciptakan lingkungan belajar yang integratif dan kreatif (creating innovative learning environment) melalui TIK

Jumat, 20 Mei 2011

Pengorbanan Sang Ibu (animal version)

Dalam dunia satwa, beberapa induk punya cara yang berbeda untuk jadi "ibu" yang baik. Berikut ini adalah beberapa teknik aneh untuk jadi ibu yang baik dalam dunia satwa.

Ayam
Ayam harus menghasilkan kalsium karbonat yang banyak untuk kulit telur. Ketika ayam tidak memperoleh cukup kalsium pada makanan, ayam akan menggunakan kalsium dari tulang mereka sendiri untuk digunakan dalam pembuatan kulit telur.

Burung Cuckoo
Cuckoo melepaskan tanggung jawab mengurus anak pada burung lain. Diam-diam mereka menaruh telur di sarang burung lain, biasanya spesies burung yang lebih kecil. Ketika menetas, anak burung cuckoo lebih besar dari anak burung lain. Dengan demikian anak burung cuckoo dapat memaksa anak-anak yang lain untuk keluar dari sarang dan mati. Ia pun memperoleh berhatian penuh dari induk yang terpaksa mengadopsinya.

Semut Pengisap Darah
Ini orang tua yang mengajarkan anaknya untuk jadi "kanibal". Induk semut Adetomyrma, juga semut pekerja, membuat lubang di tubuh bayi-bayi semut untuk menyedot cairan tubuh, yang seperti darah pada mamalia. Semut-semut bayi yang disedot cairan tubuhnya itu tidak mati. Para ilmuwan belum mengetahui alasan penyedotan cairan tersebut. "Mungkin latihan kebiasaan," jelas ilmuwan. Kebiasaan yang dimaksud adalah kebiasaan transfer cairan antarsemut saat dewasa.

Paus Abu-abu
Paus bernama latin Eschrichtius robustus ini melakukan perjalanan sangat jauh untuk melindungi anak mereka. Mereka bermigrasi dari Kutub Utara yang dingin tapi kaya sumber makanan ke lepas pantai Meksiko yang tropis tapi miskin sumber makanan untuk melahirkan. Migrasi ini dilakukan agar anak-anak mereka nanti terhindar dari predator. Dengan terbebas dari predator, paus dapat memberi makan dengan susu kaya lemak (53 persen lemak) dan memberi waktu pada anak-anak mereka untuk membentuk lapisan lemak sebelum kembali ke Kutub Utara yang dingin. Induk paus bisa merasa lapar berbulan-bulan meskipun harus menghasilkan susu berkalori tinggi. Pada masa ini, mereka dapat kehilangan bobot hingga 8 ton.

Laba-laba
Pada beberapa laba-laba Stegodyphus sp., pengasuhan tidak sekadar mengawasi sarang. Induk menempelkan telur-telur mereka ke jaring dan mengawasinya sampai telur menetas. Setelah itu, induk makan seperti biasa, tetapi merelakan sebagian besar makanan menjadi sup nutrisi untuk keturunannya. Ketika bayi-bayi mereka sudah berumur sekitar sebulan, induk akan terlentang. Anak-anak mereka naik ke atas tubuh induk dan membunuhnya dengan menyuntikkan racun yang menghancurkan isi tubuh. Tubuh sang induk dimakan. Setelah itu, anak-anak laba-laba akan saling kanibal sebelum meninggalkan sarang.

Kutu Laut
Melahirkan bisa jadi proses yang menyakitkan. Bayangkan sebuah kutu laut. Saat melahirkan, ia membiarkan bayi-bayinya membuka jalan sendiri dengan menggerogoti tubuhnya dari dalam.

Katak Beracun
Katak beracun Dendrobates azureus bisa jadi induk super. Setelah bertelur dan menetaskan, katak berwarna merah tersebut membawa anak-anaknya, satu per satu, ke atas pohon yang tingginya bisa mencapai 30 meter. Di atas, ia mencari semacam kubangan air di daun. Satu kubangan untuk satu anak. Katak beracun itu memberi makan anak-anaknya dengan telur yang tidak dibuahi selama enam hingga delapan minggu. (Sumber: LiveScience)

Kamis, 25 November 2010

Teknologi Masa Depan

Apa jadinya ya bumi 10 tahun kedepan??? Atau 40 tahun kedapan dari sekarang??? Apakah kita berteman dengan robot??? Atau bisakah kita menaklukkan global warming ??? life is full of mistery.
But, futurist yaitu orang-orang yang yakin akan spekulasi-spekulasi tersebut telah membuat prediksi terhadap alam ini, tetapi tentu saja tidak akurat. Dalam artikel kali ini saya akan memberitahukan beberapa ide tentang teknologi masa depan yang seperti mitos.
  •           Flying cars
Flying cars sebenarnya telah terpikirkan sejak 10 tahun terakhir. Setiap orang akan bisa mengendarainya baik di udara maupun di tanah dengan mudah, cepat dan nyaman kemanapun tujuannya.
Autoplane pertama diluncurkan pada tahun 1917 dan terus berlanjut dengan hal-hal serupa. Henry Ford memprediksikan flying cars akan hadir pda tahun 1940 dan sejak itu telah banyak yang gagal dalam mewujudkannya.
NASA juga pernah mengadakan contes untuk membuat “personal Air Vehicle” akan tetapi gagal karena kehabisan dana, dan mungkin DARPA akan siap mengambil alih tugas itu.
Ada terlalu banyak tantangan bagi Flying Cars untuk diterapkan secara luas. Biaya jalur penerbangan, dan peraturan, keamanan, potensi untuk digunakan dalam terorisme, efisiensi bahan bakar, pilot pelatihan / driver, arahan, kebisingan, oposisi dari industri mobil dan transportasi - semua berdiri di jalan mobil terbang yang sah. Selain itu, kendaraan ini mungkin harus bisa beroperasi sebagai mobil di jalan biasa 


  • Robot

Salah satu perhatian utama adalah otomatisasi. Apakah pesawat militer akhirnya diizinkan untuk membuat keputusan sendiri apakah menyerang sasaran atau tidak? Jika manusia adalah pemantauan, akan ia masih dapat mengesampingkan keinginan pesawat itu? Akankah kita membiarkan mesin untuk mereplikasi diri tanpa arah manusia? Apakah kita akan membiarkan diri-mengemudi mobil? (Beberapa mobil sudah menawarkan kemampuan untuk taman sendiri atau untuk mencegah driver dari hanyut ke jalur lain.)

Lalu, lahirlah isu yang mengatakan robot menmpati pera yang seharusnya tidak ditempatinya. Sudah, ada prototipe robot medis dirancang untuk menanyakan pasien tentang gejala-gejala mereka dan untuk memberikan nasihat, simulasi emosi menghibur - peran tradisional ditempati oleh dokter manusia. Microsoft memiliki resepsionis berbasis video A.I. di salah satu gedungnya. Sebuah kelas baru "robot layanan" dapat dihubungkan ke dalam outlet listrik dan melakukan tugas-tugas kasar lainnya - belum lagi Roomba lama mapan, sebuah vakum, otomatis seperti robot.

Mungkin tugas-tugas dan tanggung jawab penting kita akan di gantikan oleh robot atau kita akan dihadapkan dengan kebebasan mesin. Pada tahun 2009 diakan conferensi tentang kemungkinan-kemungkinan kriminalitas yang mungkin terjadi akibat pemanfaatan teknologi masa depan. Seperti inteligent buatan, mengambil informasi penting. Maka mulai ditangani isu-isu awal, untuk menguraikan standar industri sekarang, bahkan masih belum jelas bagaimana kemajuan teknologi yang akan dipersembahkan.


  •           Kita bisa menghentikan perubahan iklim

Sampai sekarang kita masi merasakan dampak dari perubahan iklim, seperti glacier yang meleleh dan permukaan laut meningkat yang menyebabkan topan di Asia Selatan semakin parah.

Jika kita tidak menghasilkan gas rumah kaca setelah hari ini, dunia masih akan merasakan 1 derajat Fahrenheit peningkatan suhu pada pertengahan abad karena ada karbon dioksida akan tinggal di atmosfer selama setengah abad atau lebih. (Beberapa negara sedang berusaha untuk melakukan sesuatu tentang hal ini, seperti Norwegia, yang memompa CO2 ke bekas sumur minyak bawah tanah.) Dan peningkatan yang berpotensi bencana 3 sampai 6 derajat Fahrenheit pada akhir abad ini adalah mungkin . 

Pertanyaan yang utama adalah apakah jumlah pemanasan dapat disimpan untuk mencegah terjadinya bencana. Mendorong aksi grassroots adalah penting, tetapi kerjasama antar pemerintah adalah yang terpenting, dan yang sudah lambat datang, terutama dengan Amerika Serikat, Cina dan India. para ahli mengatakan, harus mulai merencanakan bagaimana menanggapi bencana pemanasan-terkait, seperti dengan membantu wilayah pesisir, pembentukan unit respon cepat untuk kebakaran hutan dan mempersiapkan diri untuk gelombang panas mematikan.


kira-kira seperti itulah yang telah di prediksiakn oleh para ahli.

Rabu, 17 November 2010

type of computers

Ada banyak cara untuk mendeskripsikan apa itu computer. Kebanyak dari itu berdasarkan ukuran, penggunaan, dan kemampuan. Komputer dapat memvisualisasikan semua itu karena memiliki processor di dalamnya, dan kebanyakan orang berfikir alat yang digunakan untuk menerima perintah dari user hanya mouse atau keyboard. Dan semua hasil dari prose situ di tampilkan di monitor.


So, let’s check this out, the type of computer and the different

1. PC


Personal Computer (PC) adalah computer yang biasa digunakan secara pribadi (dari artinya jg tau). PC pertama sekali dikenal sebagai microcomputers karena dibuat dalam skala yg sedikit dibanding system sebagian besar digunakan oleh bayak perusahaan.

2. Dekstop


PC dirancang untuk mudah dibawa tidak seperti Dekstop. Dekstop lebih kuat dan menawarkan media penyimpanan yang lebih banyak.

3. Laptop

Juga disebut netbook, laptop adalah computer portable yg mudah dibawa. Pada laptop layar, keyboard, mouse (pointing device ataw track ball), processor, memory, hardisk, semuanya di catu dengan baterai dan semuanya berada dalam satu paket yang rata-rata setebal kamus.

4. Netbook

Netbook adalah laptop yang super portable dan bahkan jauh lebih kecil dibanding laptop. Dan harganya juga jauh lebih terjangkau. Akan tetapi, komponent - komponen tidak sekuat laptop pada umumnya.

5. PDA

Personal Digital Assistants (PDAs) adalah computer terpadu dan bahkan menggunakan flash memory sebagai media penyimpanan. Computer jenis ini biasanya tak memiliki keyboard tapi diganti dengan hal yg lebih mantab yaitu dengan teknologi touchscreen. PDA lebih kecil dibanding novel dan juga sangat ringan dan dengan baterai yg tahan lama.

6. Workstation

Workstation adalah computer dengan processor yang super mantab, memory tambahan meningkatkan performa untuk pekerjaan seperti 3D Grpahics dan game development.

7. Server


Komputer yang telah di optimasikan oleh penyedia jasa jaringan computer. Server biasanya memiliki processor yang sangat handal, memory yang bayak dan kapasitas hardisk yang besar.

8. Mainframe


Dalam dunia computer seperti saat ini, mainframes adalah computer raksasa yang bias memenuhi satu ruangan atau bahkan satu lantai. Mainframe digunakan untuk memproses jutaan transaksi setiap harinya pada sebuah perusahaan besar.

9. Supercomputer

Komputer jenis ini berharga sekitar jutaan atau bahkan millyaran dollar. Meskipun beberapa supercomputer adalah computer tunggal, itu merupakan gabungan dari beberapa computer dengan kinerja tinggi yang bekerja secara parallel sebagai sitem tunggal. Supercomputer yang terbaik dibuat oleh Cray Computers.

10. Wearable Computer


Trend terbaru dalam dunia computer adalah wearble computer, Pada dasarnya, aplikasi komputer yang umum (e-mail, database, multimedia, kalender / scheduler) diintegrasikan ke dalam jam tangan, ponsel, penghalang cahaya matahari dan bahkan pakaian.


Sumber : http://www.howstuffworks.com

Selasa, 16 November 2010

Penemuan Teknologi Telekomunikasi (humor)

Para ilmuwan dari Jerman menggali tanah sedalam 50 meter dan
mereka telah menemukan potongan-potongan tembaga kecil.
Setelah lama meneliti potongan-potongan tembaga tersebut,
Jerman mengumumkan bahwa nenek moyang orang Jerman di jaman 25000 tahun
yang lalu telah memiliki jaringan telekomunikasi.
Tetapi hal ini tidak membuat pemerintah Amerika Serikat (AS)
terkagum-kagum. Mereka lalu menyuruh para ilmuwan mereka untuk
menggali lebih dalam lagi. Pada kedalaman 100 meter, mereka
menemukan potongan-potongan gelas dan mereka segera mengumumkan bahwa
nenek moyang bangsa AS sekitar 35000 tahun yang lalu telah memiliki
jaringan serat optik di negara mereka.
Para ilmuwan Indonesia yang berada di LIPI dan BPPT tentu saja merasa
lucu mendengar hal tersebut. Tetapi dengan semangat yang menyala-nyala
para ilmuwan Indonesia malah menggali tanah jauh lebih dalam lagi sampai
200 meter.
Dan, tentu saja mereka tidak menemukan apapun. Akhirnya
dengan semangat yang menyala-nyala pula pemerintah Indonesia
mengumumkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia sekitar 50000 tahun yang
lampau telah menggunakan telepon seluler sebagai media komunikasi
mereka….


Dikirim oleh : Mufli